Hari Pers Nasional, Ketua PKS Jatim: Matur Nuwun, Apresiasi untuk Insan Pers yang Telah Berjuang dengan Pena

SURABAYA- Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers tanah air wabil khusus insan pers jawa Timur yang jatuh pada tanggal 9 Feb 2023.

Menurut Irwan, pers mengemban amanah besar dalam menjaga dan memajukan bangsa sejak masa kemerdekaan hingga hari ini.

Irwan berharap pers Jawa Timur semakin maju dan semakin  terdepan dalam menghadirkan berita dan hiburan yang mendidik dan mencerdaskan bangsa utamanya berita yang akan memberikan dampak terhadap pendidikan dan mencerdaskan masyarakat dalam bidang politik.

“Kita butuh informasi. Kita butuh pengetahuan dan wawasan. Kita juga butuh hiburan. Tapi semuanya harus mencerdaskan dan mengokohkan identitas dan karakter kebangsaan,” pesan Irwan.

Menurut Irwan, yang pernah menjadi anggota legeslatif Jawa Timur 2 periode ini, pers adalah pilar keempat demokrasi. Maka pers punya tanggung jawab yang besar untuk mengawal kehidupan demokrasi yang bermartabat dan bertanggung jawab.

Apalagi, ia melanjutkan, Indonesia akan segera memasuki tahun politik 2024, membutuhkan peran pers yang menyajikan data dan fakta yang akurat.

“Pers harus menjujung tinggi objektivitas, adil, dan transparan. Menghadirkan berita meneduhkan suasana dan menyatukan bangsa. Menjadi saringan atau filter berita-berita hoax, SARA, dan ujaran kebencian. Jangan tambah memperkeruh dan memanas-manasi,” tandasnya.

Di sisi lain, pemerintah dan seluruh elemen bangsa harus menjaga kebebasan pers dan menjaga agar pemberitaannya tetap independen.

“Dalam konteks Jawa Timur, saya berharap, pers bisa memberikan kontribusi membangun daerah jawa timur yang semakin maju dan berkembang kedepan, turut mengawal agar pemerintahan jawa timur dapat menjalankan tugasnya dengan baik untuk membangun Jawa Timur ” ujar Irwan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara teman-teman media dengan pks jawa Timur selama ini. Bagi PKS, pers adalah mitra strategis dalam menjalankan khidmat kepada masyarakat. Dalam mensosialisasikan Setiap kegiatan melayani rakyat, juga pesan pesan penting yang perlu disampaikan oleh PKS Jawa Timur kepada publik. Saya berharap, kolaborasi ini terus tetap terjalin dan terus meningkat dalam rangka membangun indonesia, membangun jawa Timur,” pungkas Irwan.{}