Acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tahun 2023 Melalui Penguatan Karakter dan Wawasan Kebangsaan bagi Masyarakat Kota Malang Dalam Rangka Mewujudkan Malang Kota Bermartabat dihelat oleh Pemkot Malang pada Senin, 2 Oktober 2023 di Hotel Atria, Malang. Pada acara wawasan kebangsaan ini, Tri Agus Purwono, STP turut hadir sebagai salah satu pemateri.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang sekaligus Sekretaris DPD Kota Malang tersebut menyampaikan berbagai hal tentang Ketahanan Nasional. Hal ini dinilai penting untuk membekali Masyarakat tentang cara menguatkan ketahanan nasional, dimulai dari pembinaan dalam keluarga masing-masing.

Dalam momen tersebut Bapak Trio Agus menguatkan kembali tentang konsensus Indonesia. “Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, itu adalah konsensus kita bersama,” ungkap sang anggota dewan.

Hal ini disambut dengan antusiasme peserta yang hadir. Bahkan salah satu peserta kemudian meneriakkan, “NKRI Harga Mati,” sebagai bentuk semangatnya dalam mencintai Indonesia.

Lebih lanjut Trio Agus menjelaskan bahwa pada dasarnya ketahanan nasional adalah salah satu tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk mewujudkannya bersama-sama. Ketahanan nasional bukan saja tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab seluruh warga.