Julukan sebagai kota pendidikan tampaknya tak selalu dirasakan oleh semua warga Malang. Hal ini secara tidak langsung disampaikan oleh salah satu warga melalui pertanyaannya dalam acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tahun 2023 Melalui Penguatan Karakter dan Wawasan Kebangsaan bagi Masyarakat Kota Malang Dalam Rangka Mewujudkan Malang Kota Bermartabat.

“Saat ini banyak pemuda di Malang yang tidak bisa berkuliah di universitas-universitas di Malang. Apakah ada cara agar warga Malang bisa (diprioritaskan) kuliah di Malang?” ungkap salah satu warga yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara yang diselenggarakan Pemkot Malang pada Senin, 2 Oktober 2023, Ketua Komisi B DPRD Kota Malang sekaligus Sekretaris DPD Kota Malang Bapak Trio Agus Purwono, STP menyampaikan bahwa Ketahanan Nasional sangat tergantung pada strategi pembinaan karakter kebangsaan Indonesia. Salah satu bagian pembinaan tersebut adalah pembinaan pendidikan.

Merujuk pertanyaan tersebut, Trio Agus menjawab sambil tersenyum, “Untuk itu, tunggu saya jadi walikota”, yang kemudian disambut tepuk tangan riuh peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Lebih lanjut Trio Agus juga menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa-mahasiswa dari luar kota sebenarnya juga banyak berdampak positif pada perekonomian di Kota Malang, khususnya pada sektor UMKM.

Prof. Dr. H. Agus Sholahuddin, MS., dosen pemateri yang hadir malam itu turut menambahkan bahwa saat ini telah banyak beasiswa yang bisa diakses untuk berkuliah di universitas-universitas di Kota Malang. Ini seharusnya mendorong warga Malang untuk dapat berkuliah di kotanya sendiri.