Kang Irwan Hadiri Maulid Nabi di Ponpes Wali Songo Situbondo, bersama Ribuan Orang Lantunkan Sholawat

 

SITUBONDO– Pondok Pesantren Wali Songo Mimbaan Situbondo bergemuruh dengan lantunan sholawat. Ribuan jemaah hadir mengagungkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam pada Selasa 11 Oktober 2022.

Antusias jemaah memang luar biasa. Sejak pagi, jemaah sudah terlihat datang, di sekitar Pondok Pesantren Wali Songo sudah berjajar mobil dengan pelat nomor dari luar kota. Berbeda dari biasanya.

Beberapa jamaah bahkan mengaku datang sehari sebelumnya, khawatir tidak mendapat tempat dalam perayaan Maulid Nabi di Ponpes Wali Songo, katanya.

KH Ahmad Zaki Abdullah yang saat itu memberi mauidotul hasanah berharap kegiatan ini bisa menguatkan kecintaan pada Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Muhammad shallallahi alaihi wa sallam.

Selain itu, Kiai juga mendoakan pengasuh Ponpes Wali Songo KHR Moh Kholil As’ad agar terus diberi kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

“Kiai ini bukan hanya milik Ponpes Wali Songo, beliau ini sudah milik ummat, milik masyarakat,” ujarnya.

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengadu kepada Kiai Kholil meskipun tidak ada kaitannya dengan pondok.

“Ada yang curhat binatang peliharaannya hilang, ada yang curhat gak punya ongkos, dan seterusnya. Semoga Allah menjaga beliau beserta para pengajar dan santri-santrinya,” katanya.

“Karena inilah, kita harus cinta kepada Rasulullah. Semoga nantinya kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat,” katanya.

Ketua PKS Jatim Kang Irwan Setiawan yang turut hadir tampak beberapa kali mengangkat tangan dan mengucap amiin dari doa-doa yang sering terucap dari para kiai saat menyampaikan mauidhotul hasanah.

“Doa yang dilantunkan kiai itu istimewa. Subhanallah, orang sholih yang dekat dengan Allah, berkah,” katanya.

Di Situbondo, Irwan menghadiri dua kegiatan Maulid Nabi sekaligus.

Sebelum di Ponpes Wali Songo Situbondo, pria 46 tahun itu juga hadir di Majelis Istighotsah dan Sholawat Nariyah Terak Mancorong yang khusus mengambil tema Maulid Nabi, sehari sebelumnya.

Kegiatan itu ditutup dengan mahalul qiyam yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Ponpes Wali Songo KHR Moh Kholil As’ad.

“Kita itu ummat yang dibanggakan oleh Rasulullah Muhammad di hadapan Allah. Semoga kita pantas jadi kebanggan Nabi,” ujarnya mengingatkan sebelum memimpin Mahalul Qiyam. {}