Partai Keadilan Sejahtera
Kota Malang

Tingkatkan Minat Literasi, Rofik Gelar Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

  Purbalingga (17/10) — Anggota DPR RI Fraksi PKS Rofik Hananto mengadakan Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Purbalingga, Jum’at (14/10). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Di hadapan para siswa, Rofik mengingatkan mereka bahwa pelatihan penulisan ini dibutuhkan saat sekarang. Sebab pelajar yang

PKS Kota Malang

 

Purbalingga (17/10) — Anggota DPR RI Fraksi PKS Rofik Hananto mengadakan Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Purbalingga, Jum’at (14/10). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Di hadapan para siswa, Rofik mengingatkan mereka bahwa pelatihan penulisan ini dibutuhkan saat sekarang. Sebab pelajar yang tidak pintar menulis biasanya rendah minat bacanya.

“Indonesia itu urutan terendah ke 2 dibandingkan negara-negara di dunia untuk literasi termasuk minat baca. Tetapi Indonesia negara paling cerewet karena setiap hari ada 10 juta cuitan di twitter dari Indonesia,” kata Rofik yang juga alumni SMA Negeri 1 Purbalingga.

Rofik juga menambahkan, pelajar perlu mengembangkan pribadi dan bisnis. Hal ini sangat terkait dengan berpikir kreatif. Dan secara global Indonesia ada di peringkat 87 dari 102 negara kreatif di dunia.

Sementara Inspektur I BRIN Arief Hadianto menilai, riset atau penelitian itu memberikan solusi atas berbagai hal. Penelitian adalah kegiatan yang mulia karena akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Contoh hasil penelitian adalah pesawat terbang, mobil listrik.

“Nanti di kelas 3 SMA akan diminta membuat karya tulis. Kalau mau lulus S1 juga diminta membuat skripsi penelitian. Karena itu mulai sekarang kalian harus mengenal bagaimana melakukan penelitian yang baik,” kata Arief.

Dia menambahkan, meski tidak bercita-cita menjadi peneliti namun pengetahuan tentang penelitian itu penting. Sebab pengetahuan ini akan berguna di masa mendatang. Akan menjadi modal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Kalau mau menjadi peneliti maka modalnya adalah rasa ingin tahu yang kuat. Kalian juga harus rajin membaca. Di era internet sekarang sangat mudah tinggal klik Google. Sehingga kesempatan untuk mengembangkan ilmu sangat luas,” terangnya.

Arief mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan guru yang sudah menerima BRIN dan Rofik Hananto untuk kegiatan berbakti untuk negeri.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Rofik Hananto atas kegiatan kemitraan bersama-sama pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga Joko Mulyanto menyampaikan terima kasih atas diadakannya pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah di sekolahnya. Karena hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi siswa.

Dalam kesempatan itu Rofik Hananto bagi-bagi hadiah untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang yang dia ajukan. Dia juga memberikan bantuan untuk sarana prasarana kepada sekolah.

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Sosial

Paling Populer

Dapatkan Info Terbaru

Mari Berlangganan Berita Mingguan Kami

Tidak ada spam, notifikasi hanya tentang berita terbaru, update.

Related Posts

Berita PKS Kota Malang

FIX, PKS Raih 7 Kursi

Malang (04/03), Rapat pleno KPU Kota Malang yang diadakan pada hari Ahad (03/03) sejak pagi berlangsung hingga Senin dini hari baru selesai. Proses pembacaan hasil

Baca selengkapnya...