thumbnail

Jakarta — Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers tanah air. Menurut Jazuli, pers mengemban amanah besar dalam menjaga dan memajukan bangsa sejak masa kemerdekaan hingga hari ini.

Anggota Komisi I DPR ini berharap pers nasional semakin maju dan semakin  terdepan dalam menghadirkan berita dan hiburan yang mendidik dan mencerdaskan bangsa.

“Kita butuh informasi. Kita butuh pengetahuan dan wawasan. Kita juga butuh hiburan. Tapi semuanya harus mencerdaskan dan mengokohkan identitas dan karakter kebangsaan,” pesan Jazuli.

Menurut Anggota DPR Dapil Banten ini, Pers adalah pilar keempat demokrasi. Maka pers punya tanggung jawab yang besar untuk mengawal kehidupan demokrasi yang bermartabat dan bertanggung jawab. Apalagi kita akan segera memasuki tahun politik 2024 yang pasti hiruk pikuk.

“Pers harus menjujung tinggi objektivitas, adil, dan transparan. Menghadirkan berita meneduhkan suasana dan menyatukan bangsa. Menjadi saringan atau filter berita-berita hoax, SARA, dan ujaran kebencian. Jangan tambah memperkeruh dan memanas-manasi,” tandasnya.

Sebaliknya, lanjut Jazuli, pers harus berperan aktif dalam mengawal proses pergantian dan regenerasi kepemimpinan nasional sehingga lahir pemimpin yang benar-benar berintegritas dan berpihak pada rakyat.

Di sisi lain, pemerintah dan seluruh elemen bangsa harus menjaga kebebasan pers dan menjaga agar pemberitaannya tetap independen.

“Kita paham banyak konglomerasi media yang dikuasai tokoh dan elit politik. Meski demikian, tidak boleh mengorbankan independensi dan objektivitas media,” pungkas Jazuli.