Salah satu agenda Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan di Gorontalo adalah silaturahmi dengan warga Sunda.

“Alhamdulillah saya berkesempatan hadir di Bumi Serambi Madinah yaitu Provinsi Gorontalo. Syukur ke dua adalah saya bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan masyarakat Gorontalo asal Sunda” ujar Ahmad Heryawan saat memberi sambutan dalam acara silaturahim dengan Paguyuban Warga Pasundan (PWP) Gorontalo di Borneo Green Park, Kota Gorontalo, Jum’at (28/10/2022).

“Jadi saya menyebutnya masyarakat Gorontalo asal Jawa Barat. Bukan masyarakat Sunda di Gorontalo, karena itu menitik beratkan ke Sundaannya, padahal yang kita inginkan adalah titik berat peran mereka ke Gorontalo, makanya saya sebut masyarakat Gorontalo asal Sunda,” lanjut pria yang akrab disapa Kang Aher.

Kang Aher juga menitipkan pesan agar mereka bisa jadi perekat bangsa. Saat merantau ke sebuah daerah, masyarakat Jawa Barat bisa berbaur dengan etnis setempat, maupun etnis lainnya.

“Masyarakat Gorontalo asal Jawa barat atau Sunda harus menyatu dengan masyarakat Gorontalo untuk membangun Gorontalo bersama-sama. Kita harus menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Gorontalo yang bersama-sama membangun masa depan Gorontalo yang gemilang,” kata Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan.

“Tong hayang balik deui ka Jawa Barat, ges herin. (Jangan balik lagi ke Jawa Barat, sudah sempit)” canda pria yang pernah menjadi Gubernur Jawa Barat dua periode.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini juga mengajak etnis Sunda di Gorontalo untuk bergabung bersama PKS membangun Gorontalo melalui jalur legislatif.

“Kita buka kesempatan itu untuk semua elemen masyarakat, tak terkecuali untuk masyarakat Gorontalo asal Sunda yang berkeinginan menjadi caleg dari PKS. Ada beberapa syarat pastinya, diantaranya adalah solid mendukung PKS, kemudian bisa dihitung kekuatannya dengan baik dan yang paling penting adalah mereka bersedia. Di beberapa tempat sudah kami lakukan, seperti di Batam dan di beberapa wilayah lainnya. Insya Allah sudah ada cerita keberhasilannya. Jadi mereka kita sediakan ruang menjadi anggota PKS dan ruang tersebut bukan tanggung-tanggung yaitu menjadi calon legislatif dari PKS,” tutup Kang Aher.

Prtemuan ini diakhiri dengan ngopi dan ngebakso bareng. Secara khusus Kang Aher juga membawa biji kopi asal Jawa Barat untuk diproses dan dihidangkan dalam acara tersebut.