(Mlg/12) Kontestasi politik 5 tahunan di Indonesia sudah dimulai. Hal tersebut ditandai dengan KPU RI, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota membuka pendaftaran bacaleg mulai tanggal 1 -14 Mei 2023. Tidak terkecuali di kota Malang. PKS kota Malang sebagai salah satu peserta pemilu mendaftarkan BCAD PKS Kota Malang pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2023 di KPUD kota Malang. Bersama simpatisan, kader, Anggota Dewan Fraksi PKS DPRD Kota Malang serta pimpinan DPD PKS Kota Malang, PKS Kota Malang menyerahkan berkas pendaftaran BCAD PKS Kota Malang kepada KPUD Kota Malang.

Ada yang berbeda dengan komposisi BCAD PKS Kota Malang kali ini. Sebanyak 36 % dari BCAD PKS Kota malang diisi oleh kalangan milenial dengan usia dibawah 40 tahun dan 33% diisi oleh kalangan perempuan. Hal ini menunjukkan PKS Kota Malang serius dalam menggarap kalangan milenial dan perempuan. Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPD PKS Kota Malang Asmualik menjelaskan bahwa pemilu 2024 nanti PKS Kota Malang kalangan pemilih pemula atau millenal akan mendominasi sebanyak 60%. “Pemilu 2024 mendatang ini, pemilih dari kalangan anak muda atau pemilih pemula akan mendominasi. Sehingga PKS sebagai partai politik juga menyasar pemilih dari kalangan anak muda. Selain itu, sebagai bentuk keseriusan dalam menyasar segmen anak muda, PKS Kota Malang menempatkan 33% dari 45 BCAD PKS kota Malang dari kalangan anak muda dengan usia dibawah 40 tahun, ujar Asmualik yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Malang ini.

Keterlibatan perempuan juga sangat diperhatikan oleh PKS Kota Malang. Keterwakilan perempuan juga dipenuhi oleh PKS Kota Malang yang mendaftarkan 33% dari jumlah BCAD PKS Kota Malang dari kalangan perempuan. dr. Husnu Aqila Romas sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Malang menyampaikan penjelasan bahwa perempuan juga memiliki peranan penting dalam memberikan kontribusi dan kebermanfaatan kepada masyarakat termasuk dalam politik. “PKS Kota Malang sangat memperhatikan peranan perempuan dalam keterlibatannya dalam politik. Sehingga dengan memenuhi 30% keterwakilan perempuan dalam BCAD PKS kota Malang, itu adalah salah satu bentuk komitmen PKS Kota Malang untuk juga melibatkan perempuan dalam aktifitas politik, jelas perempuan yang biasa dipanggil ibu Aqila.

BCAD PKS Kota Malang dari kalangan millennial berjumlah 16 orang, sedangkan dari kalangan perempuan berjumlah 15 orang.
BCAD di atas mencakup berbagai elemen masyarakat.