Kehadiran Bambang DH Suyono dalam Turnamen Futsal yang diprakarsai Sam Arif HS mengundang spekulasi banyak pihak. Hal ini menguatkan kemungkinan adanya koalisi antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). “Belum, ini Pak Bambang hadir karena beliau itu pengurus Pengcab dan juga KONI Kota Malang,” ujar Sam Arif Minggu 23/12/12.
Ketua DPD PKS Kota Malang, Helmi Teguh Yuana mengungkapkan, bahwa antara PKS dan memang sedang melakukan penjajakan, begitu juga dengan partai koalisi PAN yang dibangunnya sudah cukup lama.
“Pasangan Arif-Bambang. Ini masih penjajakan.” ungkap Helmi.
Penjajakan koalisi PKS-PAN sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Selain dengan PAN, awalnya ada Partai Gerindra dan PKB. Belakangan, PKB dan Partai Gerindra berencana membangun koalisi bersama untuk mencalonkan kepala daerah dalam Pilkada Kota Malang. Sedangkan PKS dan PAN juga masih intensif untuk membangun koalisi bersama mengusung Sam Arif sebagai calon wali kota.
“PAN akan mengusung Bambang Dh Suyono sebagai calon wakil wali kota. Kami sudah membangun komunikasi intensif dengan PKS,” terang Ketua DPD PAN Kota Malang, H.Lookh Mahfudz terpisah. (MalangPost)