MALANG, Tugumalang – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Malang Raya menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning pada Minggu 27 November 2022 di Kantor Kantor DPTD PKS Kabupaten Malang. Ini merupakan kali keenam DPD PKS di Malang Raya menggelar LBKK. Total ada 68 peserta yang ikut berpartisipasi.

Ketua Pelaksana, Rokhmad yang juga anggota DPRD Kota Malang menuturkan dari ajang lomba ini diharapkan dapat menjaga dan merawat tradisi keilmuan dan sanad ilmu agama dari ulama terdahulu.

Dalam kegiatan tahunan ini, LBKK kali ini membedah kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibary yang umum menjadi rujukan di pesantren-pesantren di Indonesia.

”Kami ingin memberikan apresiasi kepada generasi muda pesantren untuk mempelajari Kitab Kuning Fathul Mu’in sebagai rujukan keilmuan klasik yang masih sangat relevan dengan kondisi kita saat ini,” kata Rochmad.

”Semoga ada dari santri-santri dari Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang lolos tingkat Jawa Timur dan terpilih menjadi juara pertama di tingkat nasional atau pusat,” imbuhnya.

Dalam lomba itu juga dihadiri Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batu Ludi Tanarto, Ketua DPD PKS Kabupaten Malang Irfan Yuli Prasetyo, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Batu Ady Sayoga, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik, Ketua BPD 5 PKS Jawa Timur Syaiful Rosyid.

Ketua Bidang Pembinaan Daerah 5 PKS Jawa Timur, Syaiful Rosyid menambahkan santri menjadi ganda terdepan dalam merebut kemerdekaan. Sebab itu, pihaknya juga mengajakmpara santri untuk tidak menyerah dan terus mengikuti lomba-lomba di tahun berikutnya.

”Mudah-mudahan ada perwakilan dari santri -santri Malang raya yang terpilih menjadi juara nasional. Tahun lalu LBKK ke V dari Jawa Timur peserta asal Madura bernama Sholihan menjadi juara pertama tingkat nasional. Semoga tradisi juara dari Jawa Timur bisa berlanjut kali ini berasal dari Malang Raya. Amin,” tuturnya.

Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan Umat DPD PKS Kota Malang Taufiq Ibadi menjelaskan kegiatan ini dilakukan secara berjenjang dari Malang Raya, lalu ke Provinsi Jawa Timur hingga di Fraksi PKS DPR RI.

Nantinya, peserta lolos menjadi juara 1, 2 dan 3 akan ikut serta dalam lomba baca kitab kuning tingkat Jawa Timur, pada tanggal 6 Desember 2022.

Reporter: Ulul Azmy
editor: jatmiko