Home » Lain-Lain » Suara Naik 100%, ini Rahasia PKS di Malang

Suara Naik 100%, ini Rahasia PKS di Malang

Malang, 21 April 2019 – M. Chaerul Kamilin Ketua DD PKS untuk Malang Raya mengungkap, ada sedikitnya dua faktor yang akhirnya mengerek suara PKS. Suara PKS memang meningkat signifikan. Pada Pemilu 2014 yang lalu, PKS di Kota Malang hanya peroleh 20.000-an suara, sedangkan pada pemilu 2019 ini PKS stabil di kisaran 50.000 suara. Kenaikan yang lebih dari 100% untuk perolehan suaranya.

Apa Rahasia Perolehan Suara PKS?
Pertama dan utama, kita bersyukur, telah melalui Pemilu ini dengan baik-baik saja. PKS meyakini tentunya, segala daya dan upaya ini merupakan bagian dari anugerah Allah SWT. Artinya kami selaku Partai Dakwah selalu berharap bantuan dan pertolongan dari Allah SWT. Istilahnya Ketua Majelis Syuro kami, Habib Salim Segaf Al-Jufrie, kita tidak tau doa mana dan siapa yang dikabulkan-Nya.

Nah sekarang soal faktor bumi, soal kalkulasi. Pertama adalah faktor internal. Kami punya program di struktur, kader dan caleg. Kami menyebutnya tiga pilar kemenangan. Pada struktur, kami melengkapi struktur kami dan menstimulusnya dengan program-program yang berkelanjutan. Program-program kreatif seperti issue SIM dan STNK serta kegiatan rutin mingguan kami, flashmob mampu men-drive pikiran masyarakat, Insya Allah.
Pada kader, kami membuat program yang diistilahkan 40 Tetangga. Kader kami wajibkan untuk menyapa dan meng-closing 40 keluarga terdekat, sehingga basis-basis suara PKS adalah basis kader. Jadi kami mengharapkan setelah Pemilu ini kader semakin mengakar di masyarakat. Keluarga terdekat adalah tetangga.
Ketiga, dalam hal Caleg, PKS mendorong para caleg untuk berkompetisi dan memenangkan basisnya masing-masing. Polanya berbeda-beda. Ada yang dibatasi oleh Dapil, ada yang bebas, tergantung kebijakan dari tiap Dapil. Dapil ini kami bebaskan berkreasi sesuai dengan kondisi masing-masing Caleg. Kami lengkap dalam keterwakilan perempuan maupun milenialis. Sehingga semua bersemangat, berlomba.

Apa faktor eksternal?
Nah untuk faktor eksternal, banyak hal yang qodarullah menjadi pendorong mesin PKS, istilahnya mem-boost suara kita. Pertama, kondisi koalisi di pusat. Partai yang mewakili suara umat islam di pihak 02 tinggal PKS dan PAN. Gonjang-ganjing di PBB dan PPP sedikit banyak mempengaruhi pilihan konstituen. Sedangkan PKB ada di pihak 01, tidak representatif untuk mewakili 02.
Kedua, kondisi ini mengkristal jadi dukungan banyak pihak. Silakan tanya caleg-caleg kita di banyak Dapil, mereka dibantu oleh Habaib, LPI, FPI, dan organ islam lainnya. Bahkan sebagian caleg yang berasal dari Muhammadiyah disupport juga oleh Muhammadiyah sendiri. Disisi lain, ada juga kelompok Nahdiyin kultural serta kumpulan emak-emak. Emak-emak Prabowo Sandi misalnya, cocok dengan beberapa Caleg kita. Mereka jalan bareng, ke kantong-kantong suara.

Apakah PKS punya hutang kepada Ummat?
O jelas, PKS sangat berhutang atas kepercayaan ummat. Ini merupakan amanah yang berat. Mohon doanya semoga kita dapat mengembannya dengan maksimal.

Bagaimana program SIM dan STNK?
Kami secara Nasional memang mendeklarasikan program SIM seumur hidup dan STNK gratis. Harapannya, pada sisi kami, memotivasi Anggota Dewan terpilih, khususnya di DPR RI untuk menjadikan program ini menjadi bahasan pokok sebagai bagian dari penunaian janji kampanye sekaligus awalan kampanye gagasan untuk pemilihan Anggota Legislatif.

Kalau SIM dan STNK ini direalisasikan, darimana Pemerintah Provinsi mengganti devisit anggaran?
Kalau dihitung, SIM dan STNK berdampak besar di Provinsi padat penduduk seperti Jatim, Jateng, DKI Jakarta. Kontribusinya hampir 10% dari total APBD Provinsi. Namun, disisi lain ada kebocoran dalam APBD kita sebesar 30%. Kalau mampu mengefektifkannya separonya saja, 15% sudah melebihi dana untuk program tersebut, worthed kan?

Tapi spiritnya bukan itu, kan?
Exactly, spirit yang diusung PKS adalah keberimbangan. Program tax amnesty, pembebasan pajak barang mewah, dan insentif pajak lainnya selama ini dinikmati oleh the have. Kita ingin menggeretnya kepinggir. Agar kebijakan ini juga berdampak pada masyarakat banyak,

Harapan PKS kedepan?
Kita berharap kompetisi ini menghasilkan demokrasi yang sehat dan lebih berwarna. Di Kota Malang, Caleg yang maju ada yang mewakili anak muda, ada yang mewakili kelompok tahlil, pengusaha, praktisi internet marketing, dan sebagainya. Komposisi ini akan berkelindan di Dewan, rasanya kita akan  memiliki Dewan yang lebih berwarna.

(M.Chaerul Kamilin dipastikan menempati kursi DPRD Kota Batu pada periode 2019 ini dari Dapil Junrejo, Kota Batu. Pada Dapil tersebut, PKS mendapatkan dua kursi).

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Lomba Baca Kitab Kuning, Hilman Harapan Dua

Jakarta, 10 Oktober 2018 – Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Fraksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.