Home / Kolom / UST. JOKO & KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

UST. JOKO & KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Transformasi bermakna perubahan rupa. Bisa perubahan bentuk,struktur,sifat,atau fungsinya. Dalam teori kepemimpinan, transformasional bisa bermakna model kepemimpinan yang pemimpin dan timnya bekerja untuk mengidentifikasi perubahan yang diperlukan, menciptakan visi untuk memandu perubahan yang diinginkan. Jika transformasi adalah peristiwa perubahan. Transformasional adalah rentetan peristiwa perubahan. Di dalamnya ada proses membangun komitmen,keterlibatan,loyalitas,dan harapan mencapai apa yang di cita-citakan bersama.

Musda V PKS kota Malang kemarin adalah peristiwa transformasi kepemimpinan. Terpilihnya kembali Ust Joko sebagai Ketua Umum DPD PKS kota Malang bisa jadi simbol meneguhkan eksistensi kepemimpinan transformasional yang saat ini lagi di gandrungi, menjadi kebutuhan dan tren kepemimpinan masa kini.

Seorang pemimpin yang mampu memobilisasi sumber daya, baik secara institusi, politis, psikologis dan potensi lainnya untuk membangkitkan gairah timnya. Mampu mengarahkan menuju perubahan.Membuat anggotanya merasa di isi ulang energinya (membangun aura baru) dengan indikator kepercayaan, kesetiaan, kekaguman, juga rasa hormat anggota kepada pimpinan.
Mampu melakukan sesuatu melampaui harapan yang di pimpinnya. Inilah pemimpin dengan gaya transformasional. Selalu bertransformasi, terus mengalami perubahan positif. Berkharisma, menjadi sumber inspirasi skaligus wadah aspirasi bagi anggotanya. Meskipun tidak semua, tapi sebagian besar ciri-ciri ini terasa di era kepemimpinan ust.Joko.

Barangkali dengan latar belakang Ust. Joko yang komplek sebagai santri, guru, da’i, seniman, desainer, munsyid juga penyair sehingga mumpuni dan mampu memaknai bahwa kepemimpinan bukan sekedar ilmu, tapi juga seni. Memadukan ilmu dan seni dalam menjalankan amanah kepemimpinannya. Sosok yang sederhana, berwibawa, menghormati dan dihormati tokoh dan ulama dari berbagai kalangan.
Ini wow banget!..

Selama periode kepemimpinan sebelumnya, ust Joko mampu membawa PKS mencapai tujuan melampaui harapan. Boleh di bilang: inilah salah satu model pemimpin dengan growth mindset. Pemimpin dengan mindset bahwa tingkat kemampuan baik anggota/ institusi partai yang di pimpinnya bisa terus tumbuh dan berkembang melampaui harapan. Barakallahu fiikum PKS.

◇◆ Hasan albanjary, murid di kec.Klojen, santri Nurul Muhibbin ◆◇

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Tiga Modal PKS untuk Menjalankan Lima Fungsi Utama

Oleh Cahyadi Takariawan Pada hari Ahad 4 Oktober 2020, saya mendengar suara hati yang sangat …

One comment

  1. Priyo widodo

    Semoga ustad joko selalu amanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.