SHOPPING CART

close

Sambut Tahun Baru, Hidayat Ikuti Dzikir Nasional

Menyambut hadirnya tahun baru 2011 pada Jumat (31/12) mendatang, mantan Ketua MPR-RI, Hidayat Nur Wahid akan mengikuti kegiatan Dzikir Nasional di Mesjid At Tiin, kawasan TMII, Jakarta Timur. Menurut Hidayat kegiatan yang digelar Harian Republika itu merupakan langkah alternatif umat Islam memaknai kehadiran tahun baru. Terutama membuka kembali posisi, peran, dan fungsi serta paradigma umat tentang penciptaan manusia sebagai hamba Allah.

Manusia diciptakan prinsipnya, diperintahkan menyembah dan mengabdi kepada Nya,” katanya di Jakarta, Selasa (28/12).

Oleh karena itu, Hidayat yang juga politisi PKS, berharap agenda dzikir nasional mampu memberikan arahan yang kuat dan jelas tidak hanya bagi individu tetapi juga nasional. Sehingga dzikir bisa memberikan dampak pada nasional bukan sebatas ritual pribadi.

Di samping pula, dzikir diharapkan mampu mengingatkan kembali posisi manusia sebagai hamba Allah agar melaksanakan ketentuan Nya. Sebab, dengan melaksanakan ketentuan itulah dapat menghadirkan manfaat dan menghindarkan malapetaka dari umat. Terlebih, saat ini cita-cita kemerdekaan semangat reformasi kian meredup oleh berbagai kejadian di Indonesia mulai dari bencana alam, korupsi yang merejala, dan penegakkan hukum yang tebang pilih.

Jika betul-betul laksanakan ketentuan hukum Allah, maka akan punyai etos kerja, semangat tidak korupsi, jaga lingkungan, dan beri manfaat lebih banyak lagi,” tutur mantan Ketua MPR RI itu.

Untuk mewujudkanya, imbuh Hidayat, dzikir mesti memadukan dzikir lisan, kalbu, dan dzikir amali. Dzikir mestinya tidak hanya menekankan ungkapan di lisan dan ritual di kalbu tetapi juga harus berimplikasi pada amal dan perilaku sehari-hari baik secara individu, keluarga, sosial, ataupun institusi.

Jika perilaku berseberangan bukan dzikir kepada Allah, tetapi justru ingkar terhadap apa yang dikehendaki Allah dan Rasulullah,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Tags:

0 thoughts on “Sambut Tahun Baru, Hidayat Ikuti Dzikir Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.