SHOPPING CART

close

PKS Tak Khawatirkan Setgab

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak mengkhawatirkan adanya keretakkan hubungan partai-partai anggota Sekretariat Gabungan (Setgab). Demikian disampaikan Sekjen PKS Anis Matta, Senin (27/12) di Jakarta. Anis pun mengaku tidak merisaukan rumor akan masuknya PDI Perjuangan ke dalam Setgab.

Tidak akan ada yang berubah dengan Setgab hingga 2014 mendatang. Begitu pula posisi PKS di dalam Setgab,” ujarnya.

Menurut Anis dasar koalisi PKS dalam pemerintahan SBY adalah kontrak politik dengan SBY. Jika Presiden SBY tidak menyatakan perubahan, maka posisi PKS tetap dalam koalisi, lanjut Wakil Ketua DPR RI itu. Namun Anis mengingatkan bahwa PKS adalah mitra koalisi yang akan bersikap independen dan bebas mengungkapkan pikiran-pikirannya. Jika selama ini ada kritik yang terlontar dari PKS, itu karena memang ada persoalan yang harus dibenahi dalam Setgab.

“Kritik itu muncul kan karena ada kesalahan. Kalau tidak ada kesalahan, maka semua akan baik-baik saja” kata dia.

Anis menyontohkan kisruhnya Rancangan Undang-Undang tentang Keistimewaan DIY sebagai salah satu kesalahan fatal yang dilakukan Setgab.

Kita (PKS) tidak ikut (dilibatkan) menyusun draf rancangan dari awal, padahal kita terlibat di dalam pemerintah dari awal,” ujarnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Tempo, Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Romahurmuziy juga mengatakan komunikasi di dalam Setgab kerap tidak jujur dan didominasi oleh Golkar dan Demokrat. Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal PKS, Mahfud Siddiq, memperkirakan pada Pemilihan Presiden 2014 Golkar dan Demokrat akan berhadapan.

Sementara itu Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok seperti dilansir sejumlah media, pekan lalu mengungkapkan jika partainya lebih nyaman berhubungan dengan PDI Perjuangan ketimbang dengan partai koalisi. Mubarok merasa partainya seperti tersandera oleh partai-partai anggota koalisi.

Hubungan kami dengan PDI Perjuangan sangat baik. Kami itu seperti orang pacaran, tapi enggak nikah,” kata Mubarok mengibaratkan hubungan Demokrat dengan PDI Perjuangan dalam sebuah diskusi akhir tahun di The Islamic College Paramadina, Jakarta.

Menurut Mubarok, Demokrat dan PDI Perjuangan sering bertemu untuk menjalin komunikasi. Kadang pertemuannya sampai tiap pekan. Pertemuan biasanya melibatkan pimpinan kedua partai. Namun Mubarok tidak memperjelas arah komunikasi kedua partai. Sebagai partai besar, kata dia, Demokrat tidak mungkin menutup komunikasi dengan partai mana pun. “Termasuk dengan oposisi.”

Print Friendly, PDF & Email
Tags:

0 thoughts on “PKS Tak Khawatirkan Setgab

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.