Home » Berita PKS Kota Malang » Syaichon Yusuf, Juara Lomba Baca Kitab Kuning 2017 PKS Malang Raya

Syaichon Yusuf, Juara Lomba Baca Kitab Kuning 2017 PKS Malang Raya

Malang, 11/6/2017 –Syaichon Yusuf Efendi santri Pondok Pesantren PP. Miftahul Huda, Gading Malang keluar sebagai Juara 1 dalam Lomba Baca Kitab Kuning ‘Fathul Mu’in’ yang dilaksanakan PKS untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya.

Untuk selanjutnya Syaichon berhak untuk mewakili Malang Raya dalam Lomba yang sama di tingkat Jawa Timur. Pemenang di Jawa Timur berhak untuk mewakili Jatim untuk bertarung di Jakarta dengan hadiah utama umroh untuk pemenangnya. Syaichon bersaing ketat dengan dua orang santri dari Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, masing-masing Hilman Muhammad Ismail (Juara 2) dan Achmad Zainur Rozikin (Juara 3).

Minggu 11/6/2017 PKS se-Malang Raya mengadakan Lomba Baca Kitab Kuning yang dilaksanakan di Hotel Pelangi 2 Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 17 Peserta yang merupakan santri dari beragam Pondok Pesantren se-Malang Raya, diantaranya Pondok Pesantren An-Nur 2 Al Murtadlo Bululawang, Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang, Pondok Pesantren Darul Ukhuwah di Pakis Kabupaten Malang, Pondok Pesantren  Anshofa Malang,  Pondok Pesantren Mitahul Huda Gading Kota Malang, dan beberapa Pondok lainnya.

 Muhammad Chaerul Kamilin selaku Ketua Daerah Dakwah PKS Malang Raya mengungkapkan lomba ini diadakan sebagai bentuk apresiasi PKS terhadap generasi muda yang tekun dalam mempelajari ajaran islam terutama dari kitab salafussalih.

“Kitab Fathul Mu’in ini merupakan syarah (penjelasan) dari Kitab Qurratul ‘Aini yang masing-masing ditulis oleh orang yang sama yaitu Syekh Ahmad Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Mabari Al-Fananni Asy-Syafii, kitab ini menarik karena gaya bahasanya yang unik, sehingga yang dapat menjelaskan isi kitab ini adalah orang yang memiliki pemahaman nahwu sorof yang baik,” ungkap Chaerul. “Kitab ini menjadi rujukan Pondok Pesantren se-Nusantara karena bermazhab Syafi’I yang merupakan mazhab paling banyak dipakai umat islam di Indonesia.”

Sementara itu Ernanto Djoko Purnomo selaku Ketua DPD PKS Kota Malang mengungkapkan bahwa Acara Lomba Baca Kitab Kuning Fathul Mu’in ini sudah menjadi agenda rutin tahunan PKS. “Tahun lalu kita mengadakan dalam rangka milad PKS ke-18, pemenangnya adalah Ahmadi dari Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Aziziyah Bireun Aceh. Mudah-mudahan tahun ini pemenangnya kita dari Malang,” ujar Djoko. Ernanto Djoko mengingatkan pentingnya mempelajari Kitab Ulama Salaf dalam rangka menghadapi persoalan di masyarakat yang kian kompleks, “Jawabannnya sudah ditulis oleh Ulama’ puluhan bahkan ratusan tahun silam, sehingga kami berharap khususnya para peserta dapat mengaplikan ilmu yang dimiliki untuk menjawab persoalan-persoalan di masyarakat,” tutup Djoko.

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Di Kantor PKS, Santri Gelar Sholawat Bersama

Malang, 9 September 2018 – Ada yang unik pagi ini, 9/9/2018 di Kantor PKS. Puluhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.