Home / Berita Ngalam / Fraksi PKS Kota Malang Launching Hari Aspirasi untuk Serap Keinginan Masyarakat

Fraksi PKS Kota Malang Launching Hari Aspirasi untuk Serap Keinginan Masyarakat

Malang, 24 Februari 2020 – Serap keinginan masyarakat, Fraksi PKS DPRD Kota Malang me-launching Hari Aspirasi, Senin (24/2/2020). Launching dilaksanakan di ruang rapat internal DPRD Kota Malang dan dihadiri puluhan unsur masyarakat.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono menyampaikan, Hari Aspirasi merupakan program nasional yang wajib dilaksanakan seluruh fraksi PKS dari tingkat DPR RI hingga DPRD di kota dan kabupaten. Tujuannya adalah untuk menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi masyarakat untuk pembangunan masing-masing daerah.

“Dan kami Insya Allah akan stand by di kantor fraksi setiap satu bulan sekali, tepatnya di minggu keempat. Masyarakat bisa datang menemui kami dan berbincang sampaikan aspirasinya,” katanya di hadapan masyarakat dan undangan yang hadir dalam kegiatan launching Hari Aspirasi.

Trio menjelaskan, Hari Aspirasi merupakan program untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai perwakilan rakyat. Sehingga, seluruh pembangunan dan kebijakan yang akan diambil nantinya bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terlebih, lanjutnya, saat ini wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS berjumlah enam orang. Angka itu mengalami kenaikan 100 persen dibandingkan jumlah anggota Fraksi PKS periode sebelumnya.

“Dengan anggota yang lebih banyak, maka aspirasi yang diserap untuk pembangunan mestinya lebih banyak dan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS Asmualik. Juga oleh anggota Fraksi PKS yaitu Bayu Rekso Aji, Akhdiyat Syabril Ulum, Rokhmad, dan Ahmad Fuad Rahman. Seluruhnya optimistis, melalui program Hari Aspirasi, pembangunan Kota Malang akan semakin berjalan maksimal.

“Melalui aspirasi yang kami serap, kami harap keikutsertaan masyarakat dalam menentukan langkah pembangunan semakin kuat lagi,” ucap Asmualik.

Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS, Bayu Rekso Aji dan Akhdiyat Syabril Ulum, pun menyampaikan ada beberapa program kerja yang saat ini tengah dimaksimalkan. Di antaranya seperti pembentukan peraturan daerah yang ditarget segera rampung.

Masyarakat pun diajak untuk aktif dalam setiap program yang dijalankan Pemerintah Kota Malang bersama DPRD Kota Malang. Sehingga, produk hukum yang dikeluarkan nantinya dapat dirasakan dan tepat sasaran.

Rokhmad dan Ahmad Fuad Rahman pun menyampaikan jika aspirasi masyarakat dalam pembangunan Kota Malang sangatlah penting. Sehingga perlu ada komunikasi dua arah antara masyarakat dan anggota dewan dalam setiap rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

Ketua DPD PKS Kota Malang Djoko Ernanto yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, menyerap aspirasi merupakan kewajiban dari anggota dewan. Melalui program yang dilaksanakan secara nasional itu, ia berharap seluruh aspirasi dapat ditampung dengan baik. “Dan sebagai anggota dewan memang nggak boleh berpuas diri dengan aspirasi yang disampaikan masyarakat,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Polhukam DPW PKS Jawa Timur, Ahmadi menambahkan, Hari Aspirasi sebelumnya sudah dilaksanakan dari tingkat DPR RI sejak tahun lalu. Tahun ini, secara serentak seluruh daerah wajib memiliki Hari Aspirasi. Hal itu dinilai sangat efektif untuk menarik setiap aspirasi masyarakat.

“Dewan sudah mulai mendekatkan diri dengan membuka ruang lebih banyak kepada masyarakat. Kami berharap agar ini menjadi inspirasi bagi fraksi lain sehingga lebih banyak lagi aspirasi yang bisa diserap,” ungkapnya.

Di hari pertama launching Hari Aspirasi itu, masyarakat yang hadir pun menyampaikan beberapa keluhan. Di antaranya seperti layanan pembuangan sampah yang belum dapat dinikmati secara maksimal. Selain itu, ada usulan berkaitan dengan perhatian yang diberikan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah.
(Sumber: malangtimes)

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Tata Tertib DPRD Kota Malang Diubah, Fraksi PKS Tekankan Peran Serta Masyarakat

Malang, 9 Maret 2020 – Fraksi PKS memberi sederet catatan terhadap Rancangan Peraturan DPRD Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.